PERPUSTAKAAN DJEDJEN ZAENUDIN

Merupakan koleksi pribadi yang didapat secara gratis dari berbagai sumber

  • INFORMASI

    Perpustakaan ini masih jauh dari sempurna seperti yang saya inginkan, dan di utamakan dapat dimanfaatkan oleh para guru dan pelajar SMK untuk mendapatkan sumber belajar dan informasi.

  • KALENDER

    Desember 2016
    S S R K J S M
    « Okt    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • PHOTO GURU

  • ARSIP

SMM ISO


ISO 9001:2008

Understand, Plan, Document, Implement, Audit, Review.
About ISO 9001 Ultimate 6-Step Plan QMS Requirements ISO 9001 Master Key All-Docs-Pack Blog

ISO 9001 Quality Management System

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

The purpose of the ISO 9001 international standard is to provide a quality management system model that is focused towards the enhancement of customer satisfaction on a continual basis.   This is achieved by enhancing your organization’s ability to meet all of your obligations towards your customers. And the method by which this ability is enhanced is prescribed concisely by the ISO 9001 standard.  ISO 9001 uses the systems approach in its quality management system model.  The effectiveness of the quality management system is continually improved through the application of the process approach, where a process is managed via its inputs, activities and outputs.

Tujuan dari standar internasional ISO 9001 adalah untuk menyediakan sebuah model sistem manajemen mutu yang difokuskan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara terus menerus. Hal ini dicapai dengan meningkatkan kemampuan organisasi Anda untuk memenuhi semua kewajiban Anda terhadap pelanggan Anda. Dan metode ini kemampuan yang ditingkatkan adalah diresepkan secara singkat oleh standar ISO 9001. ISO 9001 menggunakan pendekatan sistem dalam model sistem manajemen mutu. Efektivitas dari sistem manajemen mutu terus ditingkatkan melalui penerapan pendekatan proses, dimana proses dikelola melalui masukan, kegiatan dan keluaran.

iso


About ISO 9001 Tentang ISO 9001

The ISO 9001:2008 is an international standard on quality management system (QMS) that promotes a uniform model transcending  international borders.  It was first published by the International Organization for Standardization (ISO) in 1987 and later revised in 1994 and 2000.

ISO 9001:2008 adalah standar internasional untuk sistem manajemen mutu (QMS) yang mempromosikan model yang seragam transcending perbatasan internasional. Ia pertama kali diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 1987 dan kemudian direvisi pada tahun 1994 dan 2000.

This year in 2008, it went through another revision in order to accommodate current needs. Hence, it is now referred to as ISO 9001:2008. In the ISO 9001 context, the term “product” refers to both tangible and intangible products.  It is applicable to all kinds of organization, whether public, private or non-governmental, etc.

Di tahun 2008 ini, ia pergi melalui revisi lain untuk mengakomodasi kebutuhan saat ini. Oleh karena itu, ia kini disebut sebagai ISO 9001:2008. Dalam konteks ISO 9001, istilah “produk” merujuk kepada keduanya nyata dan produk-produk intangible. Penyalahgunaan ini berlaku untuk semua jenis organisasi, baik publik, swasta atau non-pemerintah, dll

but it is most adopted by commercial and governmental organizations.   The standard contains eight sections or clauses.  They are:

tetapi sebagian besar diadopsi oleh pemerintah dan organisasi komersial. Standar berisi delapan bagian atau clauses. Mereka adalah:

  • Clause 1 Scope – Ayat 1 Cakupan
  • Clause 2 Normative reference – Ayat 2 Normatif referensi
  • Clause 3 Terms and definitions – Ayat 3  Persyaratan dan definisi
  • Clause 4 Quality management system – Ayat 4 Kualitas sistem manajemen
  • Clause 5 Management responsibility – 5 ayat Manajemen tanggung jawab
  • Clause 6 Resource management – Ayat 6 Resource management
  • Clause 7 Product realization – Ayat 7 Realisasi Produk
  • Clause 8 Measurement, analysis and improvementy Ayat 8 Pengukuran, analisis dan perbaikan

On 14th November 2008, ISO published ISO 9001:2008, the latest edition of the International Standard used by organizations in 175 countries as the framework for their quality management systems (QMS). ISO 9001:2008, Quality management system – Requirements , is the fourth edition of the standard first published in 1987 and which has become the global benchmark for providing assurance about the ability to satisfy quality requirements and to enhance customer satisfaction in supplier-customer relationships.  ISO 9001:2008 contains no new requirements compared to the 2000 edition, which it replaces.

Pada tanggal 14 November 2008, ISO ISO 9001:2008 diterbitkan, edisi terbaru dari International Standar yang digunakan oleh organisasi di 175 negara sebagai kerangka kerja bagi sistem manajemen mutu (QMS). ISO 9001:2008, sistem manajemen Mutu – Persyaratan, yang edisi keempat dari standar pertama kali diterbitkan pada tahun 1987 dan yang telah menjadi patokan global untuk memberikan jaminan tentang kemampuan untuk memenuhi persyaratan kualitas dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan-pelanggan pemasok dalam hubungan. ISO 9001:2008 tidak syarat baru dibandingkan dengan edisi 2000 , yang menggantikan.

It provides clarifications to the existing requirements of ISO 9001:2000.  The revisions were also intended to improve consistency with the environmental management system standard, ISO 14001:2004.  Read the ISO 9001:2000 version (obsolete now, but good for reference) and ISO 9001:2008 Revisions .

Memberikan klarifikasi kepada ada persyaratan ISO 9001:2000. The revisi juga dimaksudkan untuk meningkatkan konsistensi dengan standar sistem manajemen lingkungan, ISO 14001:2004. Baca ISO 9001:2000 versi (usang sekarang, tetapi baik untuk referensi) dan Revisi ISO 9001:2008.

Eight Quality Management Principles – Delapan Prinsip Manajemen Mutu

The ISO 9001 model is based on the Eight Quality Management Principles.  From these principles, tangible benefits are derived. These principles are known as the Eight Quality Management Principles.  It is crucial that the QMS that you establish and implement demonstrate these principles in action.  One key to better understanding of the requirements of ISO 9001 is to understand these underlying principles, and inn the operation of the quality management system, these principles must be adhered to, without fail:

ISO 9001 adalah model berdasarkan Delapan Prinsip Manajemen Mutu. Dari prinsip-prinsip ini, manfaat nyata berasal. Prinsip ini dikenal sebagai Delapan Prinsip Manajemen Mutu. Sangat penting bahwa QMS yang membangun dan menerapkan prinsip-prinsip ini menunjukkan dalam tindakan. Salah satu kunci untuk lebih memahami persyaratan ISO 9001 adalah memahami prinsip-prinsip ini, losmen dan pengoperasian sistem manajemen mutu, prinsip-prinsip ini harus ke adhered, tanpa gagal:

  • Customer focus ~ Organizations depend on their customers and therefore should understand current and future customer needs, should meet customer requirements and strive to exceed customer expectations-  Fokus pelanggan ~ Organisasi tergantung pada pelanggan dan karena itu harus memahami saat ini dan masa depan kebutuhan pelanggan, harus memenuhi persyaratan pelanggan dan berusaha untuk melebihi harapan pelanggan.
  • Leadership ~ Leaders establish unity of purpose and direction of the organization – Kepemimpinan ~ Pemimpin membentuk kesatuan tujuan dan arah organisasi.
  • They should create and maintain the internal environment in which people can become fully involved in achieving the organization’s objectives – Mereka harus membuat dan memelihara lingkungan internal di mana orang bisa menjadi sepenuhnya terlibat dalam mencapai tujuan organisasi.
  • Involvement of people ~ People at all levels are the essence of an organization and their full involvement enables their abilities to be used for the organization’s benefit – Keterlibatan orang ~ Orang di semua tingkatan adalah inti dari suatu organisasi dan keterlibatan penuh mereka memungkinkan kemampuan mereka untuk digunakan untuk manfaat organisasi.
  • Process approach ~ A desired result is achieved more efficiently when activities and related resources are managed as a process – Proses pendekatan ~ J diinginkan akan tercapai secara lebih efisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai sebuah proses.
  • Systems approach to management ~ Identifying, understanding and managing interrelated processes as a system contributes to the organization’s effectiveness and efficiency in achieving its objectives – Pendekatan sistem manajemen ~ Mengidentifikasi, memahami dan mengelola proses saling sebagai sistem kontribusi kepada organisasi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan-nya.
  • Continual improvement ~ Continual improvement of the organization’s overall performance should be a permanent objective of the organization – Perbaikan terus ~ terus perbaikan organisasi secara keseluruhan kinerja harus tetap tujuan organisasi.
  • Factual approach to decision making ~ Effective decisions are based on the analysis of data and information – Factual pendekatan pengambilan keputusan yang efektif ~ keputusan didasarkan pada analisis data dan informasi.
  • Mutually beneficial supplier relationships ~ An organization and its suppliers are interdependent and a mutually beneficial relationship enhances the ability of both to create value – Hubungan yang saling menguntungkan pemasok ~ Suatu organisasi dan pemasok adalah saling dan hubungan yang saling menguntungkan meningkatkan kemampuan keduanya untuk menciptakan nilai.

PENGETAHUAN TENTANG ISO

(Di Klik saja Untuk Membukanya)

  1. Implementation Guidance ISO 9001:2008. pdf
  2. Implementation Guidance 3  N836-ISO 9001:2008. pdf
  3. ISO 9001-2008 Sistem Manajemen Mutu. doc
  4. ISO 9001. pdf


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: